2015/02/20

200215 My Dream Cities, Seoul & Busan


Beberapa  hari fokus mencari beasiswa S2 di Korsel, aku lupa pada fakta "apa sebenarnya mimpiku". Mimpiku adalah ingin belajar, berkarya, dan tinggal di Seoul atau Busan. Apakah menjadi mahasiswa S2 jawabannya? Jika aku berhasil mendapatkan beasiswa S2 di Korsel, kedua orang tua sudah pasti bangga, dan itu adalah salah satu hal yang aku inginkan. Tetapi, jurusanku bukanlah sesuatu yang ingin kupertahankan. Jika teman-teman belum tahu, jurusanku adalah Teknik Informatika dan demi apapun, jika harus jujur, aku tidak mencintainya. Bisa? Bisa. Tapi, sayangnya tidak ada ikatan antara hati terdalamku dengan bidang ini.

Aku cinta dunia menulis. Aku selalu membayangkan bisa tinggal di kota impianku dan berkarya lewat tulisan, desain, dan fotografi. 3 hal tersebut adalah vitamin dalam hidupku. Aku sudah menemukan dan membuktikan bakat menulisku sejak SMA, tetapi dalam hal desain dan fotografi aku baru ingin memulai. Mungkin aku tidak terlalu berbakat dalam kedua bidang yang aku sebut terakhir. Tetapi, siapa takut? Jika ada keinginan pasti selalu ada jalan.

Aku sangat mencintai kedua orang tuaku. Aku tidak ingin mengecewakan mereka dalam hal apapun. Tetapi, sayangnya keduanya sangat menentang keinginanku untuk keluar dari jalur Teknik Informatika untuk mengejar bidang yang aku yakini akan membuatku bisa bersinar lebih dari bidang yang sekedar aku dalami di bangku kuliah. Bidang yang benar-benar membuatku merasa bersemangat selalu. Bidang yang orang-orang barat menyebutnya, passion. Adakah teman-teman yang mengalami hal yang serupa? Jika iya, adakah tips untuk keluar dari masalah ini? :(

Kedua orang tuaku sangat yakin meskipun aku tetap mendalami bidang Teknik Informatika, aku tetap bisa sukses pada bidang yang aku sukai. Tetapi, aku tidak berpikir demikian. Bukankah semua orang yang sukses pada 1 bidang selalu berkata, fokus pada 1 pekerjaan lebih baik dari fokus pada banyak pekerjaan. Aku bukan berusaha mengesampingkan ilmu Teknik Informatika yang dengan susah payah aku timba selama 4 tahun terakhir. Aku hanya ingin mencoba mendalami bidang lain. Salahkah keinginanku? Salahkah setelah lulus D4 dari suatu bidang kemudian kuliah S1 lagi demi mendalami bidang lain? 

Seandainya aku magically diperbolehkan mendalami bidang yang aku sukai, rencanaku setelah lulus D4 adalah berusaha mendapatkan beasiswa S1 di Korsel jurusan bahasa Korea atau bahasa Inggris. Setelah berangkat ke Seoul atau Busan, di sela-sela kuliah aku akan menyempatkan banyak waktu untuk berkarya dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Korea. Setelah lulus, aku akan berusaha lebih keras lagi untuk mendapatkan beasiswa S2 jurusan serupa di Seoul atau Busan. Total, aku akan menghabiskan 6 tahun di Korsel dan usiaku saat itu sudah 28 tahun. Waktu yang tepat untuk kembali ke Indonesia dalam keadaan sudah sukses dari tulisan-tulisanku.

Yang sedang bingung,
Chalwoo

No comments:

Post a Comment

♥ 의견을 주셔서 감사합니다 ~ Thanks for The Lovely Coments ♥

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...